PENGARUH PERAN APOTEKER TERHADAP READMISSION PADA PASIEN CONGESTIVE HEART FAILURE DI RSUD. MARGONO SOEKARJO (RSMS) PURWOKERTO

Authors

  • Farrah Bintang Sabiti Faculty Pharmacy, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • A.D. Perwitasari Faculty Pharmcy, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • B Rahardjo RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30659/ijmps.v1i1.3

Keywords:

apoteker, Congestive Heart Failure (CHF), RSUD. Margono Soekarjo Purwokerto (RSMS)

Abstract

Congestive Heart Failure (CHF) merupakan diagnosis tertinggi pada tingkat readmission. Terjadinya readmission merupakan salah satu pelayanan kesehatan buruk pada rumah sakit, dengan keterlibatan apoteker sangat berpengaruh terhadap kejadian readmission. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intervensi apoteker dalam menurunkan  tingkat readmission pada pasien CHF di RSMS.

Penelitian ini merupakan penelitian observasi Cohort prospektif.  Kelompok kontrol yaitu pasien yang tidak mendapatkan intervensi oleh apoteker, kelompok intervensi  yaitu pasien yang mendapatkan intervensi berupa edukasi konseling dan follow up telepon oleh apoteker di RSMS.

Dari hasil penelitian tidak terdapat hubungan peran apoteker dengan intervensi edukasi konseling dan follow up telepon dengan penurunan tingkat readmission pada pasien CHF di RSUD. Margono Soekarjo (RSMS). Hal ini dibuktikan dengan nilai (p) 0.322 dan (r) 0.178. dengan demikian bahwa apoteker saja tidak cukup dalam menurunkan tingkat readmission pada pasien CHF perlu adanya team kolaborasi dengan tenaga kesehatan di RSMS yang sangat berpengaruh dalam menurunkan readmission yang berkaitan dengan penekanan biaya pengobatan kesehatan pasien.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Bintang Sabiti, F., Perwitasari, A., & Rahardjo, B. (2021). PENGARUH PERAN APOTEKER TERHADAP READMISSION PADA PASIEN CONGESTIVE HEART FAILURE DI RSUD. MARGONO SOEKARJO (RSMS) PURWOKERTO. Indonesian Journal of Medical and Pharmaceutical Science, 1(1), 13–17. https://doi.org/10.30659/ijmps.v1i1.3

Issue

Section

Articles